Tuesday 5 October 2010

Review, Preview, Tugas Kuliah

Sebulan berlalu. Perkuliahan sudah memasuki masa-masa 'banjir tugas.' Sudah ada 5. Yang paling banyak adalah tugas membuat review bab dari buku atau jurnal terkait materi perkuliahan.

Bagi sebagian mahasiswa, review tidaklah sulit. Tetapi bagi sebagian lainnya, termasuk aku, makna review sendiri masih hablur. Apalagi materi yang akan di-review, Bahasa Inggris lageee .. hehehe.

Karena gak juga paham, tentang apa yang sebenarnya yang dilakukan dalam me-review sebuah tulisan, sudah pernah aku tanyakan kepada 2 dosen, plus 1 teman kuliah (yang juga dosen).

Berikut adalah kesimpulanku dari beberapa jawaban yang mereka berikan:

1. Review bukan preview. Apa bedanya? Silahkan lihat sendiri di kamus .. hehehe

2. Review bukan menerjemahkan. Yo to yo, kalau terjemah kan sudah ada kata tersendiri: translation.

3. Review adalah semacam meringkas isi bab/artikel/buku. Misal tulisan asli 12 halaman, hasilnya menjadi 4 halaman. Yang diambil adalah substansi bahan bacaan. Tangkap substansinya, lalu uraikan dengan bahasa sendiri.

4. Beri komentar tentang isi. BIla perlu dengan kutipan ahli lain. Nah ini dia bagian yang tidak mudah. Menurutku, memberikan komentar mengenai isi sebuah tulisan, apalagi penulisnya adalah dewa dalam bidang tersebut, agak tidak mungkin. Tetapi beberapa teman yang sudah pengalaman dalam dunia per-komentar-an (barangkali mereka adalah komentator TV hehehe), komentar kritis akan muncul seiring dengan banyaknya bahan bacaan yang sudah pernah lewat di memory kita. Nah loh. Makanya ... banyak bacaa!

5. Komentar kritis nan akademis belum bisa, minimal pakai akal sehat saja. Asal komentarnya tidak sebatas: "Wah .. artikel ini bagus sekali", atau "Hmm .. Nampaknya pengarang pandai sekali!"

Terakhir, yang paling penting terkait dengan tugas-tugas kuliah: jangan menunda-nunda mengerjakan tugas kalau tidak mau tak jenak tidur. Alasan: (1) tugas lain akan segera bermunculan, (2) mengumpulkan tugas 'kurang berkualitas' masih lebih baik ketimbang tidak mengumpulkan sama sekali. :)

No comments:

Post a Comment