Wednesday 22 September 2010

Competing Paradigms in Qualitative Research

Itulah judul Bab 6 buku karya Egon G. Guba dan Yvonna S. Lincoln berjudul The Handbook of Qualitative Research - Edisi 9 (. Bab yang menjadi tugas review para mahasiswa di minggu pertama perkuliahan.


Pada bagian awal, penulis mengatakan bahwa dalam bab ini yang menjadi fokus diskusi adalah empat paradigma dalam penelitian kualitatif yaitu: positivism, postpositivism, critical theory, dan constructivism.

Apa yang dibahas di dalam bab ini adalah berbagai asumsi dari masing-masing paradigma tersebut berikut implikasinya dalam banyak hal mengenai penelitian.

Perlu digarisbawahi di awal, bahwa yang dimaksud kedua penulis dengan istilah paradigma adalah "the basic belief system or worldwide view that guides the investigator, not only in choices of method but in ontologically and epistemologically fundamental ways."

Diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, definisi itu kira-kira sbb: sistem pemikiran dasar yang mengarahkan peneliti tidak hanya dalam pemilihan metode penelitian tetapi juga dalam berbagai hal mendasar yang bersifat ontologis dan epistemologis ..

Ah .. susah juga ya nerjemahin .. Ntar dilanjut dan dikoreksi lagi .. mo ada kerjaan dari Bos nich ...






No comments:

Post a Comment