Sunday 19 September 2010

Definisi Komunikasi

Tentang definisi komunikasi, apa yang dikemukakan Katherine Miller dan Sarah Trenholm dalam buku Richard West dan Lynn H. Turner berjudul Introducing Communication Theory - Analysis and Application (McGraw Hill: 2007) cukup memberi penjelasan.

Katherine Miller mengatakan: 'conceptualizations of communication have been abundant and have changed substantially over the years." Konsep komunikasi sudah banyak sekali, berubah-ubah setiap waktu, menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Lalu Sarah Trenholm menyebutkan, "although the study of communication has been around centuries, it does not mean communication is well understood". Trenholm menyimpulkan mendefinisikan komunikasi merupakan dilema tersendiri.

Dari penjelasan dosen kami semalam (Dr Turnomo Rahardjo), saya memetik catatan bahwa terdapat banyak sekali definisi komunikasi. Masing-masing tergantung filsafat berfikir yang dianut, tataran komunikasi dimana komunikasi terjadi, siapa yang terlibat, tujuan, bahkan kepentingan yang melambari.

Tidak mungkin menemukan satu definisi yang berlaku umum.

Tetapi saya melihat, definisi yang dikemukakan Richard West dan Lynn Turner lumayan umum juga: communication is a social process in which individulas employ symbols to establish and interpret meaning in their environment.

Definisi di atas menjelaskan bahwa komunikasi merupakan proses sosial dimana individu yang terlibat memanfaatkan simbol (verbal maupun non verbal) untuk menciptakan dan mengartikan makna.

Ngobrol adalah contoh komunikasi. Diskusi dalam kelas juga. Pidato di depan umum, televisi, bertengkar, berkelakar, radio, tersenyum, melambai tangan, dll, adalah hal-hal yang bisa dijelaskan sebagai contoh maupun media komunikasi.

No comments:

Post a Comment