Tuesday 21 September 2010

Dua Buku Penting Komunikasi

Perkenalan pertamaku dengan buku komunikasi adalah di perpustakaan Mikom (Magister Ilmu Komunikasi) - UNDIP. Seusai kuliah umum tanggal 2 September lalu, aku sempatkan mampir ke perpustakaan kecil milik jurusan yang terletak satu ruangan dengan sekretariat Mikom di kawasan boulevard kampus Imam Barjo, di Jalan Pahlawan, Semarang.

Aku terkagum-kagum dengan koleksi yang ada. Walau hanya memiliki dua rak, perpustakaan sempit ini (betul-betul sempit dalam arti sebenarnya) menyimpan harta karun luar biasa. Berbagai buku terbaru komunikasi terbitan luar negeri ada di sini, digolongkan dalam (sekurangnya) kelompok teori, penelitian, dan media.

Wow .. aku terpana.

Beruntung aku diberi kesempatan pinjam langsung walau belum benar-benar resmi jadi mahasiswa (kartu mahasiswa belum ada!) :)

Setelah pilih-pilih beberapa saat, aku putuskan pinjam buku berikut:

1. Introducing Communication Theory - Analysis and Application karya Richard West dan Lynn H. Turner (Mc Graw Hill - 2008)

2. The Basics of Communication Research oleh Leslie A Baxter dan Earl Babbie (Thomson Wadsworth - 2004)

Buku pertama berisi pengetahuan dasar tentang komunikasi, definisi, sejarah, dan terutama teori-teori komunikasi yang ada sampai saat ini, sementara buku kedua berisi penjelasan tentang dasar-dasar riset dalam komunikasi, etika riset, pendekatan kualitatif maupun kuantitatif, dan masih banyak lagi. Maaf gak bisa jelasin lebih banyak lagi karena baru baca beberapa halaman awal saja. Bukunya tebal-tebal, masing-masing sekitar 500 halaman .. :)

But I believe, those new in the world of communication theory and research should definitely own these two books! Aku sendiri udah copy .. hehehe ... Hidup photocopy! Merdekaaaa!

No comments:

Post a Comment